Mudah dan Menyenangkan Belajar Biologi melalui Mind Maping

 

Mudah dan Menyenangkan Belajar Biologi melalui Mind Maping
Oleh Nadia M. Khasanah, S.Pd.

            Biologi sering dianggap sebagai pelajaran yang dulit karena materi yang padat dan banyak hafalan. Selain itu, banyak juga yang menganggap biologi penuh dengan istilah dan topik-topik yang sulit difahami. Benarkah demikian? Apakah kamu juga mengalaminya? Kini ada cara mudah dan menyenangkan untuk belajar Biologi. Salah satunya adalah dengan membuat mind maping.

Mind Mapping dapat diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep permasalahan tertentu dari cabang membentuk kolerasi konsep menuju suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung untuk mudah dimengerti oleh pembuatnya (Rizky, 2019). Mind maping menghasilkan tulisan yang merupakan gambaran langsung cara kerja pikiran dan koneksi di dalam otak. Mind maping dapat dituangkan pada media tulis baik kertas ataupun digital.

            Selain untuk mempermudah proses pengingatan, mind maping juga mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci. Melalui mind maping, materi yang sulit akan lebih mudah difahami dan dideskripsikan karena berfokus pada poin-poin penting dan di petakan menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana.  Menurut Rizky (2019), mind map merupakan alat berpikir kreatif yang mencerminkan cara kerja otak secara alami karena memungkinkan otak untuk menggunakan semua gambar dan asosiasi dalam pola radial dan jaringan sebagaimana otak dirancang. Mind map membantu seseorang menggunakan seluruh potensi otak secara maksimum dengan menggabungkan kerja otak kanan dan otak kiri.

Mind mapping merupakan teknik yang paling baik dalam membantu proses berpikir otak secara teratur karena menggunakan teknik grafis yang berasal dari pemikiran manusia yang bermanfaat untuk menyediakan kunci-kunci universal sehingga membuka potensi otak. Dengan metode mind mapping akan meningkatkan daya ingat seseorang hingga 78% (Ahmad, 2021).

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat mind maping:

  1. Siapkan peralatan
  2. Tentukan tema besar atau tema utama
  3. Tempatkan tema besar di tengah kertas
  4. Dari tema utama, tentukan cabang utama yang masih berkaitan dengan tema utama
  5.  Tentukan Sub topik sebagai “ranting” yang diambil dari cabang utama
  6.  Gunakan gambar, simbol, kode dan dimensi seluruh peta pikiran secara kreatif.
  7. Gunakan garis untuk menghubungkan antara topik sentral dengan topik utama dan sub topik
  8. Kembangkan mind map sesuai gaya dan kreativitas sendiri
Gambar: Nervous System Mind map by Jane Genovese
(Sumber: mindmapart.com)

Selain cara manual, mind map juga bisa dikembangkan melalui software atau aplikasi. Beberapa software atau aplikasi yang bisa digunakan antara lain Mindmaple, Miro, Draw.io, SimpleMind, Coggle, MindMup, Mindly, dan masih banyak lainnya. Yuk, latih kreativitasmu dan ciptakan belajar yang menyenangkan dengan mind maping.

Referensi:

Ahmad. 2021. Pengertian Mind Maping: Manfaat, Jenis, Teori dan Langkah Membuatnya. [on-line] diakses dari https://www.gramedia.com/best-seller/pengertian-mind-mapping/

Genovese, Jane. ____ Nervous System. [on-line] diakses dari https://www.mindmapart.com/nervous-system-mind-map-jane-genovese/

Rizky, Dimas. 2019. 6 Cara Membuat Mind Map. [on-line] diakses dari https://medium.com/dot-intern/6-cara-membuat-mind-ma-e8e8a24d4c4b



1 Komentar

Lebih baru Lebih lama