Ekskul Wajib - Tapak Suci

TAPAK SUCI

Perguruan Seni Beladiri Indonesia TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH, disingkat TAPAK SUCI, adalah perguruan seni beladiri yang berasas Islam, bersumber pada Al Quran dan As Sunnah, berjiwa persaudaraan, berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah, berstatus sebagai organisasi otonom. TAPAK SUCI  memiliki kelengkapan sebagai sebuah organisasi pergerakan, dengan ajaran pencak silat yang bersumber pada aliran TAPAK SUCI yang bersih dari pengaruh syirik dan menyesatkan. TAPAK SUCI didirikan di Yogyakarta pada tanggal 10 Rabi'ulawal 1383 H atau bertepatan dengan tanggal 31 Juli 1963. Pimpinan Pusat TAPAK SUCI berkedudukan di tempat berdirinya, mempunyai wilayah dan daerah di Indonesia serta Perwakilan di Luar Negeri.

Metode Latihan Tapak Suci:

  1. Metode demonstrasi. merpakan metode melatih dengan cara pelatih memperagakan suatu gerakan atau materi. Metode ini digunakan untuk memberi contoh cara mengerjakan tapak suci maupun untuk memperagakan cara melaksanakan atau menggerakan jurus-jurus silat.
  2. Metode penugasan. Metode ini bercirikan adanya perencanaan antara pelatih dan siswa mengenai suatu persoalan. Siswa diberikan tugas menyelesaikannya. Biasannya metode ini digunakan untuk pematangan materi bagi siswa. Metode inim sering dipakai dalam kegiatan LKPTS (Latihan Kader Pimpinan Tapak Suci)
  3. Metode Nasihat. Cara ini adalah cara yang dilakukan pelatih dalam memberikan materi-materi yang berhubungan materi moral, mental dan spiritual, dalam hal ini materi islam dan ke-Muhammadiyahan serta Pembinaan Mental.
  4. Metode Hukuman. Metode hukuman dilakukan untuk mendidik anak agar tidak melakukan kembali atau mengulang kesalahan yang dilakukannya.
  • Model Penyelenggaraan:
    • Dilaksanakan setiap hari selasa
    • Dilatih oleh utusan dari koordinator daerah Pasuruan

Lebih baru Lebih lama