Ekskul Wajib - Palang Merah Remaja (PMR)


PALANG MERAH REMAJA (PMR)

Palang Merah Remaja (PMR) adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia. Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI. PMR Wira, sebutan untuk MPR di tingkatan sekolah sekolah SMA/SMK/MA ini sangat menarik diikuti remaja, karena di dalam ekstrakurikuler ini tidak hanya mempelajari satu bidang saja. Ekstrakurikuler PMR ini memberikan banyak pengetahuan yang pastinya tidak kalah menarik dengan ekstrakurikuler lainnya, karena nantinya kita akan mendapatkan ilmu dan pengalaman diantaranya, materi gerakan kepalangmerahan, kesehatan remaja, pertolongan pertama, kesiapsiagaan bencana, sanitasi dan kesehatan, kepemimpinan, dan donor darah sukarela.

Nah, apa saja fungsi ekstrakurikuler PMR di sekolah? Dengan mengikuti ekstrakurikuler PMR di sekolah, kita bisa menjadi Peer Leadership, Peer Support, dan Peer Educator.  Sebagai  peer leadership, kita dapat menjadi contoh/model keterampilan hidup sehat bagi teman sebaya. Sedangkan sebagai peer support, kita bisa memberikan dukungan, bantuan, dan semangat kepada teman sebaya agar meningkatkan keterampilan hidup sehat. Semantara itu, sebagai peer educator, kita bisa menjadi pendidik sebaya untuk meningkatkan keterampilan hidup sehat.  Anggota PMR adalah calon relawan masa depan. Sebagai relawan muda, memiliki jiwa kemanusiaan yang besar menjadi hal yang paling utama dan sangat penting, karena jiwa kemanusiaan itu adalah sebuah panggilan hati dan tanpa pamrih unuk siap menolong sesama.

Jumpa Bhakti dan Gembira (Jumbara) merupakan salah satu bentuk kegiatan pembinaan yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) dan merupakan ajang pertemuan anggota PMR untuk saling berbagi, evaluasi, meningkatkan pengetahuan,sikap dan keterampilan dalam suasana gembira, bersahabat dan partisipatif sesuai Siklus Manajemen PMR. Di dalam kegiatan jumbara ini, ada beberapa tingkatan yaitu jumbara tingkat Kabupaten/Kota, Jumbara Provinsi, Jumbara Nasional, bahkan sampai Jumbara tingkat internasional. So, menjadi relawan masa depan itu menyenangkan.

2 Komentar

  1. saya bangga menjadi salah satu tim pmr smk mutu pandaan dan saya juga bangga karena pernah menjadi salah satu peserta jumbara yang diamanati untuk memegang bidang jurnalistik remaja. dari kegiatan jumbara inilah saya mengetahui pentingnya kerjasama tim, kedisiplinan, dan kekompakan dalam anggota diperlukan bukan hanya untuk meraih kemenangan tetapi rasa kerjasama itulah yang penting bagi saya.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama