Dedikasi Kemerdekaan HUT RI 75

DEDIKASI KEMERDEKAAN HUT RI 75 DI TENGAH PANDEMI COVID 19

By : Setya Hetty, S. Pd

Rabu, 19 Agustus 2020

KEMERDEKAAN- Bangsa yang hebat adalah bangsa yang mampu mempertahankan dan menjaga kemerdekaan. Perjuangan dan kegigihan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 tidak didapatkan dengan mudah. Tepat 75 tahun lalu bapak proklamator Ir. Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan yang menyatakan bahwa saati itu Indonesia sudah benar-benar MERDEKA.

Hari dan detik-detik bersejarah itu yang mengingatkan kita, bahwa betapa besar wujud penghargaan terhadap perjuangan para tokoh-tokoh bangsa demi memperjuangkan kemerdekaan tanah sendiri Indonesia. Sebagai generasi penerus kita tidak hanya sekedar mengingat kemerdekaan, namun juga harus memaknainya. Tahun ini, bertepatan 17 agustus 2020 bangsa Indonesia bertambah usia ke 75. Momen perayaan HUT RI yang selalu dirayakan dengan sukacita oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi, masyarakat Indonesia harus merasakan momentum yang berbeda dalam segi perayaannya.

Pada tahun ini, Indonesia dihadapakan pada situasi dengan kondisi bangsa yang dilanda bencana gejala wabah ‘non alam’ yang begitu hebat yakni Covid 19. Dengan adanya pandemi ini, memberikan batasan jarak dan ruang antara satu sama lain. Membuat seluruh dunia berubah secara drastis dalam berbagai segi kehidupan ekonomi dan kesehatan. Sebagai bangsa yang memiliki landasan keimanan kepada Tuhan berdasarkan sila pertama pancasila. Hal ini diyakini sebagai bencana yang diakibatkan dari ulah manusia itu sendiri.

Bersama bangsa Indonesia untuk bangkit dari musibah ini, dengan tetap melewati ujian pelik yang menimpa bangsa kita. Sejatinya peringatan kemerdekaan bukanlah sekadar peringatan yang biasa. Melainkah suatu kegiatan besar dan bersejarah dalam kehidupan bangsa dan negara. Substansi inilah yang harus dipertahankan, karena para pahlawan tidak hanya berjuang untuk hidup dalam mewujudkan kemerdekaan seperti saat ini, melainkan harus bertaruh nyawa (siap mati di medan perang) demi kemerdekaan bangsa kita. Hal ini, merupakan wujud dedikasi para pahlawan negeri demi kemerdekaan. Kendati yang dilakukan oleh bangsa ini masih jauh dari memaknai kemerdekaan sesungguhnya.

Generasi penerus bangsa hanya berjuang untuk bersaing dari segi intelektual untuk memerangi era teknologi dan perubahan globalisasi. Ditambah dengan perubahan segi ekonomi dan kesehatan dari adanya Covid 19. Namun, bencan tersebut tidak mengurangi semangat bangsa Indonesia dalam merayakan kemerdekaan di tengah-tengah pandemi Covid 19 yang terus bertambah kian waktu. Hal tersebut, sebagai bukti bahwa nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air indonesia masih melekat dalam sanubari masyarakat Indonesia.

Antusiame berbagai kalangan masyarakat untuk turut serta memperingati hari yang bersejarah ini, dengan melakukan aksi bela negara, lomba –lomba peringatan HUT RI, membuat 1 jenis karya terbaik anak bangsa dalam perayaan HUT RI 75. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam menghargai perjuangan pahlawan dahulu untuk memberikan yang terbaik demi bangsa dan negara Indonesia. Perjuangan yang penuh dengan pilu dan air mata sejati sang pahlawan negri.

Dengan berbagai bentuk kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia di tengah pandemi ini adalah sebagai wujud dedikasi dan harga diri yang tinggi terhadap bangsa dan kecintaan kepada para pahlawan negeri Harapan di umur bangsa Indonesia ke 75, semoga Indonesia semakin jaya, berkembang dan musibah non alam yang menimpa Indonesia dan seluruh dunia segera diangkat oleh Tuhan. Sehingga, dapat bernapas lega untuk tetap berjuang demi mewujudkan cita-cita dengan belajar dan membuka cakrawala dunia seluas-luasnya. Adapun 1 kutipan motivasi “Tidak ada hasil yang memuaskan tanpa adanya kerja keras dan perjuangan. Tidak ada hasil dari perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa. Dirgahayu Indonesia ke 75 tahun".

5 Komentar

  1. Bangkitlah negriku jayalah bangsaku.

    BalasHapus
  2. Bangsa yang hebat adalah bangsa yang mampu mempertahankan dan menjaga kemerdekaan. Sebagai generasi penerus kita tidak hanya sekedar mengingat kemerdekaan, namun juga harus memaknainya. Pada tahun ini, Indonesia dihadapakan pada situasi dengan kondisi bangsa yang dilanda bencana gejala wabah ‘non alam’ yang begitu hebat yakni Covid 19. Dengan adanya pandemi ini, memberikan batasan jarak dan ruang antara satu sama lain. Membuat seluruh dunia berubah secara drastis dalam berbagai segi kehidupan ekonomi dan kesehatan. Sejatinya peringatan kemerdekaan bukanlah sekadar peringatan yang biasa. Melainkah suatu kegiatan besar dan bersejarah dalam kehidupan bangsa dan negara. bencan tersebut tidak mengurangi semangat bangsa Indonesia dalam merayakan kemerdekaan di tengah-tengah pandemi Covid 19 yang terus bertambah kian waktu. Hal tersebut, sebagai bukti bahwa nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air indonesia masih melekat dalam sanubari masyarakat Indonesia. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam menghargai perjuangan pahlawan dahulu untuk memberikan yang terbaik demi bangsa dan negara Indonesia. Perjuangan yang penuh dengan pilu dan air mata sejati sang pahlawan negri. Harapan di umur bangsa Indonesia ke 75, semoga Indonesia semakin jaya, berkembang dan musibah non alam yang menimpa Indonesia dan seluruh dunia segera diangkat oleh Tuhan. Sehingga, dapat bernapas lega untuk tetap berjuang demi mewujudkan cita-cita dengan belajar dan membuka cakrawala dunia seluas-luasnya.

    BalasHapus
  3. Semoga semangat masih tetap berkobar di kala pandemi

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama