Live Worksheet untuk Meningkatkan Literasi Numerasi pada Materi Menyatakan Data dalam Bentuk Matriks

Live Worksheet untuk Meningkatkan Literasi Numerasi pada Materi Menyatakan Data dalam Bentuk Matriks 

By : Ina Fitri Rahayu, S. Pd


    Budaya literasi di Indonesia menjadi persoalan yang sangat menarik untuk diperbincangkan. Mengingat budaya literasi di Indonesia masih rendah, belum membudaya, dan belum mendarah daging dikalangan masyarakat. Ditengah melesatnya budaya populer, buku tidak pernah lagi menjadi prioritas utama. Bahkan masyarakat lebih mudah menyerap budaya berbicara dan mendengar, dari pada membaca kemudian menuangkannya dalam bentuk tulisan. Masyarakat Indonesia masih lebih banyak didominasi oleh budaya komunikasi lisan atau budaya tutur. Masyarakat cenderung lebih senang menonton smartphone dengan update status dan mengikuti siaran televisi daripada membaca (Suswandari, 2018).

     Salah satu Gerakan Literasi Sekolah adalah dalam bentuk literasi numerasi. Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan berbagai macam angka dan simbol terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari lalu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk serta menginterpretasi hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan.

     Salah satu materi matematika yang mempunyai banyak manfaat yaitu matriks. Matriks adalah sekumpulan bilangan yang disusun berdasarkan baris dan kolom dan ditulis diantara tanda kurung. Manfaat matriks dalam kehidupan sehari-hari adalah dapat memudahkan dalam membuat analisis mengenai masalah ekonomi beserta dengan input dan outputnya, dapat digunakan dalam memecahkan masalah operasi penyelidikan, dapat digunakan untuk pemrograman suatu sistem di pemerintahan atau korporasi, statistik, menejemen informatika, dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Office Excel.

     Liveworksheet merupakan salah satu site untuk pembuatan e-worksheet atau lembar kerja, sehingga mempermudah pengguna dalam mendesain perangkat pembelajaran. Site liveworksheet sangat menarik dan dalam penggunaannya sangat mudah. Liveworkshet adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat materi dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) interaktif secara on the web (Rohmah, 2022).

     Liveworksheet menyediakan banyak fitur sehingga E-LKPD yang dibuat menarik dan interaktif. Pembuatan E-LKPD melalui Liveworksheet sangat mudah. Seluruh siswa dapat mengakses dengan mudah E-LKPD yang sudah dibuat oleh guru. Siswa yang telah mengakses dan mengerjakan E-LKPD  dapat langsung melihat hasil perolehan nilai yang mereka dapatkan dan guru dapat mengeceknya dengan mudah melalui menu my mail-box. Liveworksheet cocok untuk segala jenis penilaian baik digunakan untuk penilaian sikap, penilaian kognitif, maupun penilaian keterampilan. Sehingga Liveworsheet dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan Literasi Numerasi siswa terutama pada materi menyatakan data dalam bentuk matriks.

DAFTAR PUSTAKA

Rohmah, M. (2022). Penggunaan Media Google Classroom Berbantu Liveworksheets untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Kemagnetan Siswa SMP, EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 16-26.

Suswandari, M. (2018). Membangun Budaya Literasi Bagi Suplemen Pendidikan di Indonesia. Jurnal Diknas Bantara, 1(1), 20-32.

Lebih baru Lebih lama