Memaknai Halal bi Halal SMK MUTU Pandaan

Oleh : Usamah Rasyidi

SMK Muhammadiyah 1 Pandaan (SMK MUTU) kembali memulai hari kerja pasca libur Hari Raya Idul Fitri pada Jumat, 14 Juni 2019. Mengawali hari pertama efektif, SMK MUTU menggelar acara Halal Bi Halal secara sederhana yang dihadiri seluruh warga sekolah.  Sampai pada Jumat kedua pada bulan Syawal 1440 H, kita masih merasakan kebahagiaan sebagai muslim, karena telah kembali kepada kesucian, dan kebanggan sebagai bangsa yang memiliki tradisi silaturrahim untuk menguatkan ikatan kekeluargaan diantara sanak family, tetangga, teman, guru, dan semua orang tanpa membedakan suku, dan ras.
Istilah “halal bi halal” ini merupakan budaya khas Indonesia dalam mengemas kegiatan keagamaan. Sebenarnya, tradisi dan substansinya telah ada sebelum kemerdekaan, yaitu tradisi sungkeman dan silaturrahiim. Memang istilah halal bi halal ini tidak dikenal di Arab. Akan tetapi, jika kita membuka hadits riwayat Muslim, kita akan menemukan makna halal sebagai memaafkan. Sebagaimana sabda Rasulullah :
“Man Kanat ‘indahu madzlimatun falyuhallilhu minha”
(Barang siapa yang berbuat dzalim maka hendaknya dimaafkan/dihalalkan).
Dosa kepada orang lain itu tidak cukup hanya dengan membaca istighfar dan bertaubat kepada Allah saja, namun juga perlu maaf/halal dari orang yang disakiti atau dianiaya. Memberi maaf jauh lebih afdhal daripada meminta maaf. Momentum Idul Fitri ini adalah sarana yang pas dalam meminta maaf dan memaafkan.  Menurut  Abdul Mu’ti, Idul Fitri itu juga sebagai momentum refreshing, menyegarkan kembali jiwa spiritual kita. Selama Ramadhan kita melakukan tazkiyatun nafs, membersihkan jiwa. Memberikan power kepada spiritualitas kita, dan setelah Ramadhan kita menyegarkan iman dan taqwa.
Sejalan dengan itu, Bapak Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Pandaan, Bapak Wiwit Dwi purwono, S. Th. I. juga menyampaikan bahwa puasa yang telah dilaksanakan selama satu bulan penuh pada bulan Ramadhan, hendaknya mampu menjadikan hamba yang bertakwa, khususnya untuk siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Pandaan agar bisa menjadi siswa unggul, dinamis, dan berkemajuan sesuai jargon SMK MUTU Pandaan.
Silaturrahiim yang dikemas dalam acara halal bi halal merupakan implementasi keimanan dan ketaqwaan, dan juga merupakan sarana membangun keakraban dan kekuatan sebagai  satu keluarga, yaitu keluarga besar SMK MUTU PANDAAN.  Ada banyak cita-cita dan gagasan untuk menjadikan SMK MUTU PANDAAN ini sebagai institusi pendidikan kejuruan yang memiliki reputasi, bukan saja di level kecamatan, kabupaten, propinsi atau nasional, bahkan internasional.
Harapan dari acara halal bi halal ini adalah agar seluruh keluarga besar SMK MUTU PANDAAN baik itu kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa dapat saling membuka untuk meminta maaf dan memberi maaf. Sebab, saling memaafkan merupakan landasan penting bagi berlangsungnya interaksi yang harmonis.
Akhirnya mari kita berdo’a, semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita, dan mengabulkan do’a-do’a kita.

Dengan nama ALLAH yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Wahai Allah
Ampunilah semua kami yang sedang bersimpuh
Dan semua saudara kami seiman yang telah wafat mendahului kami
Hapuskanlah dari hati kami sekecil apapun kedengkian
Terhadap sesama orang beriman

Wahai Allah
Lunakkanlah hati yang keras diantara kami
Lembutkanlah tutur kata kami dalam pergaulan sehari-hari
Dan jadikanlah kami bergandengan tangan tangan
Untuk membangun peradaban di SMK MUTU PANDAAN

Aamiin Ya Rabbal ‘alamiin…

SELAMAT MENYONSONG KEHIDUPAN DENGAN HATI YANG TELAH TERSUCIKAN..!!
Lebih baru Lebih lama