Konsentrasi Keahlian Teknologi Laboratorium Medik



        Konsentrasi Keahlian Teknologi Laboratorium Medik SMK Muhammadiyah 1 Pandaan merupakan pelopor SMK dengan Kompetensi Keahlian Teknologi Laboratorium Medik di Kabupaten Pasuruan. Teknologi Laboratorium Medik adalah profesi yang bekerja pada sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat.

Siswa-Siswi SMK Muhammadiyah 1 Pandaan tak hanya dibekali  keilmuwan baik secara intelektual maupun kultural namun juga kemampuan keterampilan (Skill Community) baik keterampilan dalam melaksanakan prosedur, metode pengujian dan pemakaian alat dengan benar, melakukan perawatan dan pemeliharaan alat, kalibrasi dan penanganan masalah yang berkaitan dengan uji yang dilakukan, pembuatan uji kualitas media dan reagen untuk pemeriksaan laboratorium untuk menunjang skill siswa dalam menghadapi tantangan di Dunia Usaha dan Dunia Industri.

 Apa itu Teknologi Laboratorium Medik ?

           Teknologi Laboratorium Medik adalah sebuah konsentrasi keahlian yang mempelajari tentang bagaimana cara menjadi seorang tenaga kesehatan dan ilmuwan berketerampilan tinggi yang akan berkecimpung di sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat. Sarana kesehatan ini berbentuk Laboratorium Kesehatan seperti Laboratorium Patologi Klinis yang memeriksa sampel berupa cairan-cairan tubuh manusia seperti darah, sputum, faeces, urine, liquor cerebrospinalis (cairan otak), dan lain-lain untuk mendapatkan data atau hasil sebagai penegakan diagnosa terhadap suatu penyakit. Cakupannya juga luas meliputi pemeriksaan mikrobiologi (bakteri), parasitologi (fungi, protozoa, cacing), hematologi (sel-sel darah serta plasma), imunologi (antigen, antibodi), kimia klinik (hormon, enzim, glukosa, lipid, protein, elektrolit, dll).

Tugas Pokok Teknologi Laboratorium Medik

Melaksanakan pelayanan laboratorium kesehatan meliputi bidang hematologi, kimia klinik, mikrobiologi, imunologi-serologi, histologi.

Fungsi Teknologi Laboratorium Medik

·         Mengembangkan prosedur untuk mengambil dan memproses spesimen

·         Melaksanakan uji analitik terhadap reagen dan spesimen

·         Mengoperasikan dan memelihara peralatan/ instrumen laboratorium

·         Mengevaluasi data laboratorium

·         Mengevaluasi teknik, instrumen, dan prosedur baru laboratorium secara efektif dan efisien

·         Merencanakan, mengatur, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan laboratorium

·         Membimbing dan membina tenaga kesehatan lain dalam bidang teknik kelaboratoriuman

·         Merancang dan melaksanakan penelitian dalam bidang laboratorium kesehatan

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Laboratorium Medik 

          Lulusan Teknologi Laboratorium Medik dapat bekerja di di laboratorium Rumah Sakit pemerintah maupun swasta, laboratorium klinik, balai laboratorium kesehatan, laboratorium kesehatan daerah, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), ahli kontrol kualitas di perusahaan makanan dan minuman, TNI/POLRI, dan lain bidang kesehatan yang berkaitan dengan laboratorium. Selain itu lulusan dari program studi ini juga dapat bekerja sebagai Penanggungjawab teknis dalam pelayanan laboratorium kesehatan, Peneliti dalam bidang laboratorium kesehatan, dan penyuluh dalam bidang laboratorium kesehatan (Promoting Health laboratory).

Standar Profesi Teknologi Laboratorium Medik

  • Dasar Hukum : Kepmenkes RI No : 370/Menkes/SK/III/2007
  • Merupakan dasar kewenangan bagi seorang tenaga Analis Kesehatan dalam melaksanakan pekerjaan profesionalnya di Laboratorium Kesehatan
  • Acuan standar kompetensi yang digunakan dalam standar pendidikan, pelayanan, uji kompetensi

Kerjasama Proram Studi Teknologi Laboratorium Medik dengan:

  • Rumah Sakit Bhayangkara Pusdik Sabhara Porong
  • Puskesmas Kab.Pasuruan
  • Laboratorium Tanjung
  • PMI Kab. Pasuruan

Struktur Kompetensi Keahlian Teknologi Laboratorium Medik
  1. Ketua Kompetensi Keahlian : Farindya Shalwa Dewi
  2. Guru Kejuruan                      : Aysha Vio Ferika Hana Christvany Islamwell, A.De.M.H.I

Prestasi Jurusan Teknologi Laboratorium Medik

Grand Finalis Olimpiade Analis UMS 2020


Grand Finalis Lomba Olimpiade Methanol UNAIR 2023

Juara 1 Lomba OSSN Kedokteran Tingkat SMA, MA dan SMK PUSKANAS 2023

Juara 1 Lomba OSSN Kedokteran Tingkat SMA, MA dan SMK PUSKANAS 2023

Juara 1 Lomba OSSN Kedokteran Dasar Tingkat SMA, MA dan SMK PUSKANAS 2023

Juara 2 Lomba OSSN Kimia Tingkat SMA, MA dan SMK PUSKANAS 2023

JUara 2 Lomba Kedokteran SMA-KSB LO 2023


Lebih baru Lebih lama